Tabel 1. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Kelas IV semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Makhluk hidup dan Proses kehidupan
|
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara stuktur kerangka tubuh
manusia dengan fungsinya.
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra
dengan fungsinya.
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra.
|
2.
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara
stuktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
2.2
Menjelaskan
hubungan antara stuktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
2.3
Menjelaskan
hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
2.4
Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya.
|
3.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
3.1 Mengidentifikasi jenis
makanan hewan
3.2 Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya.
|
4.
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.
|
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya
kucing, ayam, ikan.
|
5.
Memahami hubungan sesama makhluk hidup antar makhluk hidup dengan
lingkunannya
|
5.1. Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis dan
hubungan “makan dimakan” antara makhluk hidup
(rantai makanan)
5.2. Mendeskripsikan hubungan
antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
6.
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara
penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
6.1. Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat
tertentu
6.2. Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ®padat ® cair; cair®gas ® cair; padat ® gas.
6.3. Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya.
|
Tabel 2. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Kelas IV semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
7. Memahami gaya dapat mengubah
gerak dan/atau bentuk suatu benda.
|
7.1.Menyimpulkan hasil
percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.
7.2.Menyimpulkan hasil
percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu
benda.
|
8. Memahami berbagai berbagai bentuk energi dan
cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.1 Mendeskripsikan energi
panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
8.2 Menjelaskan berbagai energi
alternatif dan cara penggunaannya.
8.3 Membuat suatu karya.model
untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya
roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut..
8.4 Menjelaskan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
|
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami perubahan
kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan
dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
|
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
|
10.1 Mendeskripsikan berbagai
penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan
gelombang air laut).
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan
fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor).
10.3 Mendeskripsikan cara
pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor).
|
11. Memahami hubugan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
11.1 Menjelaskan hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan.
11.2 Menjelaskan hubungan
antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan.
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian
lingkungan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar