Menurut Fudyartanto (2002) dalam Baharudin dan Nur W
(2007:13) menyatakan bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai
kepandaian atau ilmu. Di sini usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu
merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya mendapatkan ilmu atau atau
kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya. Sehingga dengan belajar itu manusia
menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang
sesuatu.
Morgan dkk (1986) dalam Baharudin dan Nur W (2007:14), belajar adalah perubahan
tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau
pengalaman
Belajar suatu perubahan di dalam
kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru dari reaksi berupa
kecakapan, sikap, kebiasaan, kepribadian atau suatu pengartian. ( H.C.
Witherington dalam Aunurrahman 2009:35)
Para ahli secara umum
mendefinisikan bahwa belajar sebagai suatu perubahan pada diri orang yang
belajar karena pengalaman. Pendapat beberapa ahli tentang pengertian belajar
sebagai berikut :
1.
Morris L. Biege
Belajar adalah perubahan yang menetap dalam kehidupan seseorang yang
tidak diwariskan secara genetis. Perubahan itu terjadi pada pemahaman,
perilaku, persepsi, motivasi atau campuran dan semua secara sistematis sebagai
akibat pengalaman dalam situasi-situasi tertentu.
2. Marle J. Moskowitz dan Arhur R.Orgel
Belajar
adalah perubahan perilaku sebagai hasil langsung dari pengalaman dan bukan
akibat hubungan-hubungan dalam sistem syaraf yang dibawah sejak lahir. Perilaku
dapat diramalkan bukan dari apa yang kita ketahui tentang sifat-sifat umum dari
sistem syaraf seseorang, melainkan dari apa yang kita ketahui tentang
pengalaman yang khusus dan unik dari orang tersebut.
3.
|
Belajar sebagai proses yang
menimbulkan atau merubah perilaku melalui latihan atau pengalaman. Lebih jauh
James O.Whittaker menyatakan bahwa
perubahan fisik, perubahan karena kematangan perubahan perilaku karena
kelelahan, akibat sakit dan akibat obat tidak termasuk belajar.
4.
Aaron Quinn Sartain dkk
Belajar sebagai
suatu perubahan perilaku sebagai hasil pengalaman. Perubahan akibat dari cara
merespon suatu sinyal, cara menguasai suatu keterampilan dan mengembangkan
sikap terhadap suatu objek.
5. W.S Winkel
Belajar adalah suatu aktivitas mental
atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang
menghasikan perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap.
M. Sobry Sutikno mengemukakan, belajar merupakan
suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu
perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya.(
http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html.)
Belajar menurut Abdilah (2002) dalam
Aunurrahman (2009:35), adalah suatu
usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik
melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
Dari beberapa pendapat di atas dapat
disimpulkan Belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh
perubahan tingkah laku secara keseluruhan sebagai pengalamannya sendiri dalam
interaksi dengan lingkungan untuk mencapai tujuan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar