Minggu, 27 November 2011

Pengertian Belajar


Menurut Fudyartanto (2002) dalam Baharudin dan Nur W (2007:13) menyatakan bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Di sini usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya mendapatkan ilmu atau atau kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya. Sehingga dengan belajar itu manusia menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu.
  Morgan dkk (1986) dalam Baharudin dan Nur W (2007:14), belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman
Belajar suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru dari reaksi berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepribadian atau suatu pengartian. ( H.C. Witherington dalam Aunurrahman 2009:35)
Para ahli secara umum mendefinisikan bahwa belajar sebagai suatu perubahan pada diri orang yang belajar karena pengalaman. Pendapat beberapa ahli tentang pengertian belajar sebagai berikut :
1.      Morris L. Biege
Belajar adalah perubahan yang menetap dalam kehidupan seseorang yang tidak diwariskan secara genetis. Perubahan itu terjadi pada pemahaman, perilaku, persepsi, motivasi atau campuran dan semua secara sistematis sebagai akibat pengalaman dalam situasi-situasi tertentu.
2.      Marle J. Moskowitz dan Arhur R.Orgel
Belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil langsung dari pengalaman dan bukan akibat hubungan-hubungan dalam sistem syaraf yang dibawah sejak lahir. Perilaku dapat diramalkan bukan dari apa yang kita ketahui tentang sifat-sifat umum dari sistem syaraf seseorang, melainkan dari apa yang kita ketahui tentang pengalaman yang khusus dan unik dari orang tersebut.
3.     
6
 
James O.Whittaker
Belajar sebagai proses yang menimbulkan atau merubah perilaku melalui latihan atau pengalaman. Lebih jauh James O.Whittaker menyatakan bahwa  perubahan fisik, perubahan karena kematangan perubahan perilaku karena kelelahan, akibat sakit dan akibat obat tidak termasuk belajar.
4.      Aaron Quinn Sartain dkk
Belajar sebagai suatu perubahan perilaku sebagai hasil pengalaman. Perubahan akibat dari cara merespon suatu sinyal, cara menguasai suatu keterampilan dan mengembangkan sikap terhadap suatu objek.
5.      W.S Winkel
Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasikan perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap.
M. Sobry Sutikno mengemukakan, belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.( http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html.)
Belajar menurut Abdilah   (2002) dalam  Aunurrahman (2009:35), adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan Belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku secara keseluruhan sebagai pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar