1.
Dokumen
Kualitas data ditentukan oleh
kualitas alat pengambil data atau alat pengukurnya. Kalau alat pengambil
datanya cukup reliabel dan valid. Maka datanya juga akan cukup reliabel
(dipercaya) dan valid (sah). Namun, masih satu hal lagi yang perlu
dipertimbangkan, yaitu kulifikasi si pengambil data.
Jenis
data yang diambil dibagi menjadi 2, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer,
yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti(atau petugas-petugasnya)
dari sumber pertamanya. Data sekunder itu biasanya dalam bentuk
dokumen-dokumen. Untuk itu peneliti mengumpulkan data-data tertulis berupa
daftar nilai IPA siswa.
2.
Observasi
Observasi adalah segala upaya merekam
segala peristiwa dan kegiatan yang terjadi selama tindakan perbaikan itu
berlangsung dengan atau tanpa alat bantu (Sarwiji Suwandi, 2008:46)
Observasi ini dilakukan untuk
memantau proses dan dampak pembelajaran yang diperlukan untuk menata
langkah-langkah perbaikan agar lebih efektif dan efisien. Observasi dipusatkan
pada proses dan hasil tindakan pembelajaran beserta peristiwa-peristiwayang
melingkupinya. Langkah-langkah onservasi meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi
kelas dan pembahasan balikan.
3.
Wawancara
Sumber data yang penting dalam penelitian adalah berupa
manusia yang dalam posisi sebagai nara
sumber (informan). Untuk mengumpulkan informasi dari sumber data itu diperlukan
teknik wawancara. Wawancara dalam penelitian ini dilaksanakan secara langsung yaitu
percakapan dan tanya jawab kepada siswa secara langsung tanpa perantara.
Wawancara ini juga dilakukan secara tertutup dan bebas, agar siswa dapat
mengungkapkan permasalahan, keinginan dan kebutuhannya dalam kegiatan
pembelajaran. Wawancara ini digunakan sebagai dasar untuk melakukan penelitian
yang lebih lanjut dan dipergunakan untuk mengetahui secara mendalam
tentang kondisi siswa sebelum
pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual.
4.
Tes Hasil Belajar
Tes digunakan untuk mengukur
kemampuan sesuatu, keterampilan, pengetahuan, penguasaan dan sebagainya. Teknik
pengumpulan data penelitian ini berupa soal-soal yang disajikan ini guna
mengetahui hasil atau nilai yang dicapai siswa dalam IPA. Peneliti menggunakan
tes awal, tes proses, tes akhir untuk membandingkan hasil tes siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar