Hasil belajar merupakan hal
yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari
sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik
bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. (Dimyati dan Mudjiono dalam http://indramunawar. blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html,)
Menurut Oemar Hamalik hasil
belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku
pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak
mengerti menjadi mengerti.( http://indramunawar.
blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html,)
Hasil
belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang melalui proses belajar,
sedangkan perubahan tersebut harus dapat digunakan untuk meningkatkan
penampilan diri dalam kehidupan (Sudjana, 2000:102).
Pendapat dari Horward Kingsley ini menunjukkan hasil
perubahan dari semua proses belajar. Hasil belajar ini akan melekat terus pada
diri siswa karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan siswa tersebut (http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html),
7 Februari 2010.
Menurut pendapat Winata Putra dan Rosita (1997; 191 )
tes hasil belajar adalah salah satu alat ukur yang paling banyak
digunakan untuk menentukan keberhasilan seseorang dalam suatu proses
belajar mengajar atau untuk menentukan keberhasilan suatu program pendidikan.(http://techonly13.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/).
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki
siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. ( Menurut Indera dalam http://www.infogue.com/viewstory/2009/06/13/hasil_belajar_pengertian_dan_definisi_/?url=http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasilbelajar-pengertian-dan-definisi.html)
Hasil
belajar menurut Dimyati dalam http://one.indoskripsi.com adalah hasil proses
belajar di mana pelaku aktif dalam belajar adalah siswa dan pelaku aktif dalam
pembelajaran adalah guru.
Hasil
belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah
dilakukan berulang-ulang.(http://indramunawar. blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html)
Menurut
Nana Sudjana ( 2005 : 3 ) hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa
setelah melalui proses pembelajaran.
Berdasarkan pengertian di atas maka
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses
dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang yang akan tersimpan dalam
jangka waktu lama atau bahkan tidak akan hilang selama-lamanya karena hasil
belajar turut serta dalam membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai
hasil yang lebih baik lagi sehingga akan merubah cara berpikir serta
menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar